Subscribe:

Thursday, November 29, 2012

ANTIBIOTIK HARUS DIHABISKAN???

Selama ini sobat semua tau ga? kenapa Obat Golongan ANTIBIOTIK itu harus dihabiskan? kenapa beda dengan obat-obatan dari golongan lainnya?
yuk kita telusuri kenapa antibiotik itu harus dihabiskan?

Menurut Dokter Robert W Steele MD, pakar kesehatan anak di St John's Regional Health Center di Springfield menyatakan, kebanyakan bakteri penyakit sederhana (radang tenggorokan, infeksi telinga, dll) menanggapi relatif cepat terhadap antibiotik. "Jadi seperti nya kita sudah merasa "sembuh" dan malas untuk melanjutkan atau menghabiskan obat antibiotik tersebut.

Padahal setidaknya menurut beliau ada 3 faktor kenapa antibiotik itu harus dihabiskan :
Pertama, semua bakteri yang menyebabkan infeksi mungkin tidak terbunuh. Akibatnya kemudian, infeksi bisa datang kembali di tempat yang sama atau bahkan muncul di tempat lain.

Kedua, akan terjadi resistensi bakteri itu atas antibiotik. Anda harus tahu, cara terbaik untuk menyebabkan bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik adalah dengan "memperlakukan mereka secara salah". Bakteri berkembang biak sangat cepat. Ketika mereka berkembang biak, kesalahan acak terjadi di DNA mereka yang dapat membuat mereka resisten terhadap antibiotik.

Ketiga, membuat bakteri makin tangguh. Beberapa bakteri dapat membuat sistem kekebalan tubuh melakukan hal-hal yang tidak seharusnya. 

Jadi sobat semua sudah tau kan kenapa antibiotik itu harus di habiskan? beritahu lah ke orang-orang terdekat sobat, beritau mereka, beri pengertian untuk selalu menghabiskan obat-obat golongan ANTIBIOTIK yang telah di beri oleh dokter.

moga postingan ini bisa bermanfaat untuk kita semua -amin-

1 komentar:

yhoyo said...

trims ya jadi semakin tau nih....

Post a Comment

Komentar adalah ciri dari Kepribadian kita Sendiri

Space 125x125