Subscribe:

Sunday, December 16, 2012

Arti Perawat dengan seragam putih


Baju putih yang biasa digunakan oleh perawat melambangkan kemurnian, kesucian dan spritualitas serta kedewasaan yang harus ada di jiwa seorang perawat. Warna putih yang dilambangkan dengan kebersihan sehingga perawat yang memakai seragam putihnya akan selalu menjaga kebersihan dirinya. Dengan demikian, baju putih bagi perawat adalah untuk menanamkan kepribadian yang bersih, steril dan bebas dari kuman.

Warna putih selalu melambang hal-hal yang positif. Warna putih tersebut dalam persepsi masarakat adalah sebagai tanda ketenangan, kebersihan dan juga sebuah tanda kesucian. Dalam hal ini seorang perawat harus menjiwai ketiga hal tersebut. 

Pakaian yang dipakai merupakan tampilan jiwa seseorang dalam mengekspresikan dirinya yang sebenarnya. Begitu juga dengan seorang perawat yang menampilkan citranya sebagai seorang yang mempunyai ketenangan setiap karakteristik penampilannya, menjaga kebersihan dan kesehatan, serta mempunyai hati dan jiwa yang suci yaitu hati dan jiwa yang ikhlas.

Karakter profesi perawat sesungguhnya terwakili secara utuh oleh sifat si putih. Putih adalah perlambang kesucian, kemuliaan dan keikhlasan tetapi di balik itu terdapat potensi kekuatan dahsyat yang tersamar. 
Bayi yang baru dilahirkan dianalogikan laksana kertas putih kosong tanpa catatan dosa. Hati yang seputih kapas digambarkan sebagai bersihnya hasrat. 
Harapan supaya sifat-sifat si putih mengalir di setiap denyut nadi perawat dimanifestasikan dengan mengharuskan setiap perawat berseragam putih saat bekerja. Keseragaman karakter inilah yang menjadi tujuan akhirnya yaitu agar setiap perawat memiliki ketulusan saat merawat pasien. Dengan seragam putih, setiap perawat diingatkan untuk memainkan peran yang selalu sama yaitu secara hakikat selalu bertujuan meringankan penderitaan pasiennya.

 ” Baju putih melambangkan pengabdian yang tulus dan ikhlas. Seorang perawat yang profesional harus berdedikasi tinggi dan ikhlas dalam melakukan pekerjaannya yang sebagian besar berinterkasi dengan pasien”.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar adalah ciri dari Kepribadian kita Sendiri

Space 125x125